Prosiding SeNTIK STI&K, Vol 2 (2018)

Font Size:  Small  Medium  Large

Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Berbasis Flash Pada Sekolah Dasar

Arsi Yulianjani, Aris Martono, Farhan Tryfdah Tilaar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah merancang sebuah media pembelajaran interaktif dalam pengucapan dan penghafalan bahasa inggris untuk siswa sekolah dasar sehingga media pembelajaran interaktif ini menumbuhkan rasa senang dengan bermain karena disertai unsur audio bagi pengguna anak. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dan pengembangan perangkat lunak meliputi analisis, desain dan pengkodean dengan adobe flash CS3 profesional. Perancangan media pembelajaran interaktif memuat rancangan storyboard, rancangan environment dan rancangan menu. Perancangan storyboard berisi tentang alur cerita dari media pembelajaran interaktif yang disampaikan dengan menggunakan tulisan, gambar dan audio/suara. Media interaktif ini, terdapat beberapa fasilitas pilihan dan level. Sedangkan, rancangan environment merupakan latar belakang gambar kartun anak laki-laki dan perempuan yang ceria dan fokus terhadap sesuatu permainan sehingga mempengaruhi pemirsa(user anak-anak) menjadi tertarik pada permainan tersebut. Perancangan menu menggambarkan interaksi pembelajaran dengan fasilitas Things Around Us, Part of Body, Family, Quiz, dan Back ke menu sebelumnya. Pada level lebih dalam fasilitas “Things around us” terdapat interaktif pembelajaran seperti eraser, pencil, cupboard, table, clock, chair, bag, dan book. Fasilitas pilihan Quiz digunakan untuk menguji kemampuan anak terhadap hasil media interaktif pembelajaran ini dan didalamnya tersedia efek suara yang menghibur jika user/ anak-anak dapat menjawabnya. Perancangan media pembelajaran interaktif ini dapat meningkatkan pengucapan dan pemahaman bahasa Inggris bagi siswa sekolah dasar.