Model Kepercayaan dengan Menggunakan Perhitungan Similarity

Authors

  • Anisa Mardhatillah Magister Manajemen Sistem Informasi, Universitas Gunadarma
  • Diny Wahyuni Sistem Informasi, Universitas Gunadarma
  • Detty Purnamasari Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma

Abstract

Model kepercayaan berkaitan dengan kepercayaan yang diterapkan dalam kehidupan. Di mana, kepercayaan bersifat subjektif dan bergantung pada konteks. Kepercayaan secara umum merupakan ukuran keyakinan bahwa suatu entitas akan berprilaku dengan cara yang diharapkan, meskipun kurangnya kemampuan untuk memantau atau mengontrol lingkungan di mana entitas beroperasi. Model kepercayaan pertama kali diusulkan oleh Marsh pada tahun 1994 yang mengintegrasikan konsep kepercayaan yang beberda. Model kepercayaan dapat diterapkan dalam berbagai metode dan sektor kehidupan. Termasuk dalam penggunaan jejaring sosial. Salah satu metode yang digunakan dalam model kepercayaan adalah similarity. Similarity dalam bahasa inggris memiliki arti kesamaan, kemiripan, persamaan, dan/atau keserupaan. Similarity dalam kata adalah mencari kesamaan antara kata masukkan (input) dengan kata sumber. Hubungan virtual dibangun di atas metrik yang digunakan untuk menghubungkan pengguna berdasarkan pengalaman mereka dan disebut dengan kesamaan. Berbagai metrik kesamaan telah diterapkan dalam skenario yang berbeda, misalnya, metrik kesamaan pengguna untuk rekomendasi teman di jejaring sosial dan metrik kesamaan topologi untuk prediksi tautan dan deteksi komunitas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

28-08-2021

How to Cite

[1]
Mardhatillah, A., Wahyuni, D. and Purnamasari, D. 2021. Model Kepercayaan dengan Menggunakan Perhitungan Similarity: Array. Jurnal Ilmiah Komputasi. 20, 3 (Aug. 2021), 359–368.
Abstract View: 49 times