Rancang Bangun Aplikasi Tata Kelola Pelayanan Keluhan Masyarakat STMIK JAKARTA STI&K (PELUMAS) Berbasis Web

Authors

  • Devita Rizky Nur Septiani Gunadarma
  • Nola Marina Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Gunadarma

Abstract

Berbanding terbalik dengan sistem akademik yang sudah terdigitalisasi, untuk menyampaikan keluhan sampai sekarang masih menggunakan cara yang konvensional karena mahasiswa harus menemui staf bagian terkait atau karena staf terse- but terkadang sulit ditemui ditambah dengan protokol kesehatan yang harus dijalani maka dari itu mahasiswa banyak yang menyampaikan keluhan melalui media sosial seperti: Whatsapp dan Telegram pribadi. Pada insitusi pendidikan, pelayanan kepada mahasiswa merupakan unsur penting yang perlu diperhatikan dengan baik agar terciptanya suasana akademik yang kondusif dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dinilai dapat menjalankan pelayanan yang prima dalam setiap institusi. Berdasarkan masalah tersebut, pada penelitian ini dilakukan pembangunan suatu aplikasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) b ernama PELUMAS (Pelayanan Keluhan Masyarakat STMIK Jakarta STI&K) yang didalamnya mahasiswa dapat menyampaikan keluahan dan bagian terkait dapat menanggapi keluhan tersebut dengan cepat dan baik, setelah itu memb erikan feedback kepada mahasiswa bahwa keluhannya sudah ditanggapi. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan metode RESTful API untuk integrasi basis data.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

15-06-2021

How to Cite

[1]
Devita Rizky Nur Septiani and Marina, N. 2021. Rancang Bangun Aplikasi Tata Kelola Pelayanan Keluhan Masyarakat STMIK JAKARTA STI&K (PELUMAS) Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Komputasi. 20, 2 (Jun. 2021), 217–228.
Abstract View: 28 times