Perancangan Sistem Pembelajaran E-learning Pada Kursus Online dengan Metode Web Based Learning Menggunakan Dokeos di SMK Nasional Depok

Authors

  • Dyah Rhetno Wardhani Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
  • Adhityo Kuncoro Informatika, Universitas Indraprasta PGRI

Abstract

Pendidikan konvensional yang ada di sekolah Selama ini dalam proses belajar mengajar para siswa lebih banyak mencatat atau mendengarkan penjelasan dari guru yang membuat siswa kurang aktif dalam belajar dan cenderung mudah jenuh yang mengakibatkan para siswa memilih mengobrol dengan temannya, sehingga efektifitas belajar menjadi berkurang. E-Learning merupakan sistem pendidikan yang memanfaatkan aplikasi elektronik dan dapat dikembangkan lagi secata luas pemanfaatan teknologi elektronik ini.. E-Learning dapat mempermudah interaksi antara siswa dengan bahan materi, siswa dengan pengajar, maupun antara sesama siswa. E-Learning dapat membuat siswa saling berbagi infomasi dan mengakses bahan-bahan pelajaran setiap saat dan berulang-ulang dan juga para siswa bias mendapatkan materi lebih banyak dan aktif untuk mencari materi yang dibutuhkan, dengan tampilan yang interaktif dan menyenangkan membuat para siswa dapat lebih bersemangat dengan suasana yang baru dan dapat memantapkan penguasaanya terhadap materi pelajaran. Salah satu tools E-learning yang biasa digunakan yaitu Dokeos. Dokeos adalah E-Learning tools untuk aplikasi berbasis web. Dokeos merupakan perangkat lunak yang direlease oleh GNU GPL dan pengembangannya mendapat dukungan dunia internasional. Penelitian ini menghasilkan produk berupa sistem pembelajara secara jarak jauh untuk SMK Nasional Depok.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

20-12-2019

How to Cite

[1]
Wardhani, D.R. and Kuncoro, A. 2019. Perancangan Sistem Pembelajaran E-learning Pada Kursus Online dengan Metode Web Based Learning Menggunakan Dokeos di SMK Nasional Depok: Array. Jurnal Ilmiah Komputasi. 18, 4 (Dec. 2019), 391–406.
Abstract View: 100 times