Penerapan Algoritma K-Means Untuk Analisis Tracer Alumni Universitas Gunadarma Jurusan Sistem Informasi dan Sistem Komputer Angkatan 2013

Authors

  • Van Berton Program Studi Sistem Informasi, Universitas Gunadarma
  • Aqwam Rosadi Kardian STMIK Jakarta STI&K

Abstract

Proses dalam menempuh pendidikan pada suatu institusi pendidikan bagi setiap mahasiswa akan menjalani tahapan proses pendidikan dimana muaranya sampai telah dinyatakan lulus sehingga menyandang gelar kesarjanaannya, maka dinamakan alumni. Alumni merupakan output dari kualitas sebuah Perguruan Tinggi. Tetapi kualitas dari alumni tersebut bergantung dari kualitas Perguruan Tinggi. Tugas dari Perguruan Tinggi tidak hanya mempersiapkan lulusan yang berkualitas saja tetapi menjaga hubungan baik antara lulusan juga tidak kalah penting. Peran alumni punya peranan penting dalam peningkatan performa perguruan tinggi di tingkat nasional maupun internasional serta menjadi salah satu bagian dari penilaian akreditasi sebuah lembaga pendidikan. Untuk mengetahui keberadaan para alumni dapat menggunakan metode survei, metode kuisioner, atau menggunakan media lain yang dapat digunakan untuk melacak keberadaan alumni. Universitas Gunadarma merupakan salah satu universitas swasta yang terkenal di Indonesia sehingga memiliki banyak mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia, begitupun dengan alumninya. Saat ini Universitas Gunadarma memiliki halaman website tracer alumni. Halaman website tracer tersebut diperoleh data alumni yang berlimpah, berdasarkan data alumni, informasi yang tersembuyi dapat diketahui dengan cara melakukan pengolahan terhadap data tersebut sehingga berguna bagi pihak universitas. Penelitian ini mengenai Analisis Tracer Alumni Universitas Gunadarma Jurusan Sistem Informasi dan Sistem Komputer Angkatan 2013 dengan menggunakan algoritma K-Means menggunakan bahasa program PHP dan MySQL. Attribut yang digunakan adalah bidang studi dan pekerjaan saat ini. Cluster yang terbentuk adalah dua cluster , dengan cluster pertama 5 jenis pekerjaan alumni, dan cluster kedua 3 jenis perkerjaan alumni.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

04-09-2019

How to Cite

[1]
Berton, V. and Kardian, A.R. 2019. Penerapan Algoritma K-Means Untuk Analisis Tracer Alumni Universitas Gunadarma Jurusan Sistem Informasi dan Sistem Komputer Angkatan 2013: Array. Jurnal Ilmiah Komputasi. 18, 3 (Sep. 2019), 215–228.
Abstract View: 54 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>