Rancang Bangun Purwarupa Gerbang Otomatis Menggunakan Bluetooth HC-05 Dengan Sensor Ultrasonic Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno R3

Authors

  • Bagus Wicaksana Teknik Komputer, STMIK Jakarta STI&K
  • Irfan Sistem Informasi, STMIK Jakarta STI&K

Abstract

Membuka dan menutup gerbang rumah atau perumahan adalah hal yang biasa dilakukan oleh manusia, hampir sebagian besar seluruh sistem membuka gerbang rumah atau perumahan masih menggunakan bantuan manusia, dan hanya sebagian kecil saja yang menggunakan teknologi untuk mobilitas membuka dan menutup gerbang, padahal di era globalisasi dan milenial ini, hampir seluruh kegiatan manusia sudah menggunakan teknologi untuk mempermudah dan mempersingkat waktu kerja, oleh sebab itu di buatlah suatu rancangan bangun prototype gerbang otomatis yang menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno R3 sebagai pusat kendali, dan module Bluetooth HC-05, Sensor Ultrasonic, Motor Servo, dan LED ( Light Emitting Diode ). Sebagai pendukung, alat ini dibuat mampu membuka dan menutup gerbang secara otomatis berdasarkan terhubungnya modul Bluetooth HC-05 dan Bluetooth lain untuk membuka gerbang dan sensor Ultrasonic untuk menutup gerbang. Penggunaan Motor Servo berfungsi bergerak sebesar 0 – 90 derajat atau sebaliknya berdasarkan perintah dari Mikrokontroler Arduino Uno.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

05-06-2019

How to Cite

[1]
Wicaksana, B. and Irfan 2019. Rancang Bangun Purwarupa Gerbang Otomatis Menggunakan Bluetooth HC-05 Dengan Sensor Ultrasonic Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno R3: Array. Jurnal Ilmiah Komputasi. 18, 2 (Jun. 2019), 163–170.
Abstract View: 79 times