Perbandingan Penggunaan Aplikasi Rapid Miner Dengan Weka Untuk Penerapan Metode K-Means Clustering Pada Pengelompokan Penderita Demensia

Authors

  • Fivtatianti Hendajani STMIK Jakarta STI&K
  • Anita Universitas Gunadarma

Abstract

Demensia merupakan gangguan neurodegenerative yang terkait dengan penuan yang menyebabkan penurunan kemampuan kognitif manusia karena degenerasi struktur otak. Banyak cara untuk mendeteksi penderita demensia namun masih belum diketahui penyebabnya. Oleh karena itu data pasien yang berkaitan dengan data demografis ditambahkan selain data klinis. Terdapat banyak data yang diharapkan kemudian dapat digunakan untuk mengetahui penyebab penyakit demensia. Banyak data yang ada akan lebih mudah pengelolaanya agar dapat diperoleh menjadi pengetahuan, menggunakan data mining. Pengelompokkan banyak datanya menggunakan K-Means Clustering. Banyak aplikasi komputer untuk menerapkan metode data mining diantaranya Rapid Miner dan Weka. 2 aplikasi ini akan dibandingkan untuk penerapan pengelompokan penderita demensia menggunakan K-Means Clustering. Hasil yang di dapat adalah memulai aplikasi Weka lebih mudah namun untuk visualisasi akan lebih baik menggunakan Rapid Miner. Terdapat sedikit perbedaan hasil dalam pembentukan kluster penderita demensia diatara 2 aplikasi tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

05-06-2019

How to Cite

[1]
Hendajani, F. and Anita 2019. Perbandingan Penggunaan Aplikasi Rapid Miner Dengan Weka Untuk Penerapan Metode K-Means Clustering Pada Pengelompokan Penderita Demensia: Array. Jurnal Ilmiah Komputasi. 18, 2 (Jun. 2019), 149–162.
Abstract View: 98 times