Visualisasi Analytic Network Process Dalam Penentuan Strategi Pemasaran di Perguruan Tinggi

Authors

  • Dwi Safiroh Utsalina STMIK Pradnya Paramita
  • Tubagus Mohammad Akhriza STMIK PPKIA Pradnya Paramita
  • Ahmad Syarif Rosidy STMIK PPKIA Pradnya Paramita

Abstract

Tingginya jumlah perguruan tinggi (PT) di Indonesia, berbanding lurus dengan meningkatnya persaingan di antara PT untuk mendapatkan mahasiswa. Beberapa strategi pemasaran dipilih/diambil guna mendapatkan strategi yang paling efektif dengan melibatkan banyak kriteria dan alternatif solusi. Salah satu metode pengambilan keputusan berbasis multi-kriteria yang sudah cukup luas penggunaannya adalah Analytic Network Process (ANP), yang merupakan pengembangan dari Analytic Hierarchy Process (AHP). ANP memungkinkan pendefinisian hubungan pengaruh dua arah antara kriteria dan alternatif yang ada, sementara AHP hanya mengijinkan hubungan satu arah yaitu dari kriteria ke solusi/ alternatif saja. Dengan generalisasi ini, ANP mampu menyediakan alternatif solusi yang lebih obyektif dari AHP. Namun demikian, meskipun beberapa prioritas solusi disediakan oleh ANP, solusi akhir yang terpilih masih bersifat solusi tunggal (single-solution) karena kriteria mana saja yang berkontribusi bagi prioritas yang ada tidak bisa diketahui, sementara, proses perhitungan/pertimbangan kriteria dan alternatif solusi yang dilakukan ANP boleh dibilang tidak sederhana. Selain itu, proses penentuan bobot pengaruh ditentukan secara manual berdasarkan intuisi analis. Jika jumlah kriteria dan alternatif sedikit, maka kriteria yang mempengaruhi keputusan masih bisa diketahui, namun jika jumlahnya besar atau bertambah secara dinamis, maka kriteria yang mempengaruhi suatu keputusan sulit untuk diidentifikasi, hal ini mengakibatkan solusi/alternatif pada prioritas kedua, ketiga dan seterusnya terabaikan oleh kondisi ini. Untuk itu pada penelitian ini kami menggunaakan pendekatan visualisasi ANP dengan mengelompokkan kriteria-kriteria dalam sebuah matrik pairwise comparison, selanjutnya dinormalisasi sehingga didapatkan matrik yang disebut supermatrik guna menghasilkan nilai prioritas tertinggi. Dengan Visualisasi ANP dapat mempermudah para decision maker mendapatkan informasi yang lebih dinamis (seputar elemen-elemen sistem pendukung keputusan seperti Kriteria, bobot dan alternatif) untuk menentukan strategi pemasaran perguruan tinggi sebagai solusi yang lebih ideal

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

25-12-2018

How to Cite

[1]
Utsalina, D.S., Akhriza, T.M. and Rosidy, A.S. 2018. Visualisasi Analytic Network Process Dalam Penentuan Strategi Pemasaran di Perguruan Tinggi: Array. Jurnal Ilmiah Komputasi. 17, 4 (Dec. 2018), 307–318.
Abstract View: 32 times