Editorial Policies

Focus and Scope

Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide-ide dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang teknologi dan komunikasi, terutama berfokus pada masalah utama dalam pengembangan ilmu-ilmu sebagai berikut:

  •   Pengolahan Citra
  •     Komputasi Awan
  •     Komputasi Bergerak
  •     Basis Data
  •     Komputer Grafik
  •     Teknologi Web
  •     Manajemen Sistem Informasi
  •     Sistem Tertanam dan FPGA
  •     Algoritma dan Kompleksitasnya
  •     Multimedia
  •     Arsitektur Komputer
  •     Jaringan Komputer dan Komunikasi Data

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Every article that goes to the editorial staff will be selected through Initial Review processes by Editorial Board. Then, the articles will be sent to the Mitra Bebestari/ peer reviewer and will go to the next selection by Double Blind Peer Review Process. After that, the articles will be returned to the authors to revise. These processes take a month (four week) for a maximum time. In the each manuscript, Mitra Bebestari/ peer reviewer will be rated from the substantial and technical aspects. Mitra Bebestari/ peer reviewer that collaboration with Jurnal DEMO is the experts in the public administration area and issues around it. They were experienced in the prestigious journal management and publication that was spread around the national and abroad.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Publication Ethics

Selaras dengan misi sekolah tinggi, Balai Penelitian pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat selalu mencari dan menyajikan perkembangan ilmu pengetahuan melalui publikasi jurnal. Balai Penelitian pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat berada pada posisi netral pada isu-isu yang diterbitkan. Akses terhadap jurnal bersifat terbuka terbatas, pengguna diminta mendaftarkan diri terlebih dulu untuk dapat mengakses artikel secara menyeluruh (full text).


STMIK Jakarta STI&K berkomitmen untuk mempertahankan standar perilaku etika pada seluruh tahapan proses publikasi dan mengacu kepada Committee on Publication Ethics (COPE) Best Practice Guidelines.


Etika Publikasi untuk Dewan Redaksi (Editor)
Dewan Redaksi/Penyunting terpercaya untuk semua hal yang berkaitan dengan publikasi jurnal : termasuk melakukan penilaian terhadap kualitas materi yang diterima untuk jurnal dan melakukan koreksi dan klarifikasi jika diperlukan.
Dewan Redaks/Penyunting berperilaku adil dan seimbang ketika menjalankan tugasnya, tanpa diskriminasi berdasarkan jenis kelamin, etnik, orientasi seksual atau agama atau kepercayaan politik.
Dewan Redaksi seharusnya menyediakan petunjuk bagi penulis dan penilai untuk segala yang diperlukan.


Peer Review
Dewan Redaksi/Penyunting membuat keputusan untuk menentukan artikel yang akan diterbitkan berdasarkan kualitas dan kesesuaian untuk jurnal tanpa interferensi dari pemilik atau lembaga penerbit jurnal.
Deskripsi proses –peer review— dipublikasikan dan penyunting harus siap untuk menjustifikasi penyimpangan penting dari proses tersebut.


Dewan Redaksi/Penyunting menangani penerimaan artikel secara adil, tanpa bias dan tercatat berdasarkan waktu dan memperlakukan semua manuskripsecara rahasia untuk pendistribusian kepada yang lain hanya untuk tujuan peer-review saja.


Dewan Redaksi/Penyunting memiliki sistem untuk meyakinkan bahwa identitas penilai terlindungi kecuali mereka menggunakan sistem penilaian terbuka yang dideklarasikan kepada penulis maupun para penilai.
Jurnal seharusnya memiliki kebijakan dan sistem untuk menyakinkan pertimbangan-pertimbangan komersial tidak mempengaruhi keputusan dewan penyunting, dan dewan redaksi menangani penerbitan sebagai isu pendanaan dalam cara yang sama dengan isu standar, sehingga artikel-artikel diterima seluruhnya berdasarkan ukuran-ukuran akademik dan tanpa pengaruh komersial.
Dewan Redaksi/Penyunting  dapat menggunakan arahan COPE flowchartsdalam hal penanganan adanya dugaan perilaku menyimpang termasuk plagiarisme atau penyimpangan penulisan.


Jurnal seharusnya memiliki mekanisme untuk penulis mengajukan tuntutan terhadap keputusan dewan redaksi.


Tim Editorial
Terdiri dari beberapa anggota yang bertanggungjawab memperbaharui setiap kebijakan baru.


Konflik Kepentingan
Dewan Redaksi/Penyunting memiliki sistem untuk melakukan tatakelola konflik kepentingan sendiri sebaik yang terjadi pada staff, penulis, penilai dan para anggota tim editorial. 


Etika Publikasi untuk Penulis
Penulis mendeklarasikan bahwa seluruh pekerjaan yang dikirimkan adalah original, dan merujuk dari sumber lain secara layak dan benar untuk mencegah plagiarisme.
Penulis harus yakin bahwa kontribusi mereka tidak mengandung segala bentuk pelanggaran hak cipta atau hak kekayaan intelektual ataupun hak lainnya dari pihak ketiga.
Daftar penulis merefleksikan secara akurat dari penelitian dan menulis artikel, dan urutan penulis ditetapkan bersama dari seluruh penulis.


Salah satu penulis harus menanda tangani dan mengirimkan form pengalihan hak cipta ke penerbit dan seluruh penulis lainnya menyetujui hal itu. 
Manuskrip yang dikirimkan tidak sedang dalam proses (atau diterima untuk publikasi) di tempat lain. Jika terdapat bagian dari manuskrip tumpang tindih dengan isi terpublikasi, hal ini harus diketahui dan diacu dengan baik.
Seluruh penulis seharusnya sudah mendapatkan ijin untuk mereproduksi kembali setiap isi dari sumber pihak ketiga (text dan gambar). Penerbit tidak dapat menerbitkan isi pihak ketiga tanpa ijin.


Sumber dana penelitian sebaiknya disebutkan pada seluruh artikel. Dukungan lain ( termasuk dana untuk biaya pemrosesan Open Acces Article) sebaiknya disebutkan dengan jelas di dalam manuskrip, biasanya ada di seksi pengakuan (acknowlegement).


Penulis sebaiknya menyatakan setiap potensi konflik kepentingan pada artikel yang spesifik.
Penulis sebaiknya menginformasikan kepada penerbit jika ada kesalahan dalam bagian perbitan tersebut dan bekerja sama dengan penerbit untuk melakukan koreksi yang diperlukan.
Penulis memiliki hak untuk menanyakan keputusan tim editorial.


Etika Publikasi untuk Penelaah (Reviewer) Artikel Jurnal.
Penelaah (reviwer) membantu meningkatkan kualitas artikel yang dikirimkan dengan melakukan penilaian secara hati-hati, berpengertian, objektif dan berdasarkan waktu.
Penelaah (reviwer) menginformasikan kepada tim editor setiap artikel yang dikirimkan terhadap kesamaan isi/materi yang dinilai atau dugaan plagirarisme.


Penelaah (reviwer) harus mendeklarasikan setiap konflik kepentingan terhadap artikel tertentu atau penulis tertentu.
Penelaah (reviwer) menjaga kerahasiaan dari setiap informasi yang diberikan selama proses penilaian berlangsung.

 

Screening for Plagiarism

The manuscript that submitted into this journal will be screened for plagiarism and authors have full responsible for this issue.

 

Digital Archiving

This journal utilizes the Indonesia One Search (IOS), Indonesian Scientific Journal Database (ISJD), and Indonesian Publication Index (IPI) system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration.



Lembaga Penelitian STMIK Jakarta STI&K
Jl. BRI No. 17 Radio Dalam Kebayoran Baru
Jakarta Selatan. 12140

Email: lp2m@jak-stik.ac.id
Email: lp2mjakstik@gmail.com
Telepon: (021) 7397973

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

hit counter View My Stats